PENGARUH PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA GIZI KURANG DI PUSKESMAS KRUENG BARONA JAYA

masyudi masyudi

Abstract


Indonesia masih menghadapi masalah gizi ganda yaitu gizi kurang termasuk pendek (stunting) dan gizi lebih termasuk obesitas. Pengetahuan gizi yang kurang berdampak kurangnya pengetahuan atau informasi tentang gizi untuk menerapkan informasi tersebut dikehidupan sehari-hari. Masalah gizi juga menyangkut aspek pengetahuan, sikap dan juga perilaku yang kurang dalam menciptakan pola hidup yang sehat. Tujuan pada penelitian ini Untuk mengetahui Pengaruh Metode Ceramah dan Media Lembar Balik Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita Gizi Kurang di Wilayah Kerja Puskesmas Krueng Barona Jaya. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yang bersifat Quasi Eksperiment (eksperimen semu) dengan menggunakan desain pretest- posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 60 ibu balita gizi kurang. Seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini yang dilakukan pada tanggal 5 s/d 10 Desember 2019. Hasil yang di dapatkan pada penelitian ini adalah penggunaan media pada penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan serta sikap ibu balita dibuktikan dengan p-value 0,000 yang bermakna terdapat perbedaan yang signifikan, pada kedua media tersebut yang paling berpengaruh terhadap peningkatan nilai pengetahuan adalah menggunakan media lembar balik. Disarankan kepada tempat penelitian di wilayah kerja puskesmas krueng barona jaya agar memberikan konseling kesehatan kepada masyarakat menggunakan media dan metode yang beragam.


Keywords


Penyuluhan, Pengetahuan.

References


Al Rahmad Agus Hendra. Almunadia., Pemanfaatan Media Flipchart dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Konsumsi Sayur dan Buah. Vol 17 No3 Desember 2017 ISSN: 1412-1026. Fakultas Kedokteran Unsyiah http://jurnal.unsyiah.ac.id/JKS/article/view/9062/7744

Azria Cut Rizki, Husnah., Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Tentang Gizi Seimbang Balita Kota Banda Aceh, Volume 16, No 2 Agustus 2016. Fakultas Kedokteran Syiah Kuala. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JKS/article/view/5055/4345

Beck, E. Marry, Ilmu Gizi dan Diet Hubungannya dengan penyakit-penyakit untuk Perawat & Dokter, Yogyakarta: Yayasan Essentia Medica (YEM), 2011.

Darmiastuty, M., Efektivitas Metode Ceramah Tanya Jawab dan Simulasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Pencegahan Dini Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja SLTP Negeri 1 Borobudur Kabupaten Magelang. Skripsi, Tidak diterbitkan, Semarang : Universitas Dipnonegoro, 2003.

Depkes RI, Profil Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2012 (Online), Tersedia: http://www.depkes.go.id. Akses 5 Desember 2019

Efendi, Ferry & Makhfud, Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan, Jakarta : Salemba Medika, 2009.

Erpridawati Dhayu Dwi, Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi Dengan Status Gizi Siswa Smp Di Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012.

Fajria Nurul. Darmawati., Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Perawatan Luka Episiotomi Post Partum di Rsia, Idea Nursing Journal Volume III Nomor 3 Tahun 2012 ISSN: 2087-2879, Fakultas Keperawatan Syiah Kuala, http://jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/1590/1471

Febrianti, Dkk. Pemeriksaan Pertumbuhan Tinggi Badan Dan Berat Badan Bayi Dan Balita. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1, Nomor 1 April 2019, pp 15-20 p-ISSN: 2656-7938.

Fikawati, Sandra. Dkk, Gizi Ibu dan Bayi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.

Fitriani, K.F., 2015. Pengaruh Penyuluhan Media Lembar Balik Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Balita Gizi Kurang Di Puskesmas Pamulang, Tangerang Selatan Tahun 2015. Jakarta: Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fuadi Fatkhurrohman Ilham., 2016. Hubungan Antara Pengetahuan dengan Sikap Masyarakat dalam Mencegah Leptospirosis di Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Publikasi Ilmiah, Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ibrahim, Misaroh. Atikah, Nutrisi janin & Ibu hamil cara membuat otak janin cerdas, Jakarta: Nuha Medika, 2010.

Jurnal Eduhealth., 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ibu dalam Memilih Makanan Sehari – hari dalam Keluarga di RT 25 Rw 09 Lingkungan Tirtou dan Kelurahan Tosaren. Volume 3, Nomor 2,. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang.

Nugrahaeni. Nutr Amerta, Pencegahan Balita Gizi Kurang Melalui Penyuluhan Media Lembar Balik Gizi. Jurnal, 2018.

Kementerian Kesehatan RI., Kurikulum dan Modul Pelatihan Promosi Kesehatan Bagi Petugas Puskesmas, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2014.

Kementerian Kesehatan RI., Pedoman Gizi Seimbang, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2015

Kementerian Kesehatan RI., Strategi Nasional Penerapan Pola Konsumsi Makanan dan Aktivitas Fisik Untuk Mencegah Penyakit Tidak Menular, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2012.

Kementerian Kesehatan RI., Rencana Aksi Akselerasi Pemberian ASI Ekslusif 2012-2014, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2013.

Notoatmodjo, Soekidjo., Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Maryunani, Anik. Pengenalan Praktis MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) Untuk Paramedis, Penerbit IN MEDIA, 2014. ISBN 978-602-7960-67-1.

Moore, Mary Courtney, Buku Pedoman terapi diet dan nutrisi, Jakarta: Hipokrates, 1997

Syafrudin dan Fratidhina, Y, Promosi Kesehatan Untuk Mahasiswa Kebidanan. TIM, Jakarta: 2009.

Sudjana, N dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar baru Algensindo, 1997.

Supariasa, dkk, Penilaian Status Gizi, Jakarta, Penerbit buku kedokteran EGC, 2013.

Soraya Dinah, Dkk. Hubungan pengetahuan gizi, tingkat kecukupan zat gizi, dan aktivitas fisik dengan status gizi pada guru SMP. Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition)

UNICEF., Pedoman Hidup Sehat, United Nations Childern’s Fund, New York, 2002.




DOI: https://doi.org/10.32672/makma.v3i1.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 masyudi masyudi

Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)

INDEXING & ABSTRACTING