FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN TENAGA PENOLONG PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JANTHO TAHUN 2019

Nadia Rizki Okdarisna, T M Rafsanjani

Abstract


Berdasarkan hasil survei awal pada bulan September 2018, dengan mewawancara 10 orang ibu, yang pernah ditolong dukun saat persalinan, ditemukan informasi bahwa secara umum ibu-ibu tersebut masih kurangnya pengetahuan dan  tingkat pendidikan tergolong rendah, disamping itu kondisi fasilitas dan tempat pelayanan kesehatan yang jauh dari rumah. Tujuan penelitian adalahuntuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ibu dalam pemilihan tenaga penolong persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Jantho tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan “Cross Sectional” dimana data yang menyangkut variabel bebas dan variabel terikat dikumpulkan dalam waktu yang bersama untuk mengetahui secara jelas dan sistimatis. Populasi peneliti adalah seluruh ibu bersalin dalam satu tahun terakhir sebanyak 54 reponden, dan sampel yang digunakan adalah total populasi dengan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa ada hubungan pengetahuan  P.Value 0.002< α (0,05), ada  hubungan pendidikan  (P.Value 0.002< α (0,05), ada hubungan fasilitas (P.Value 0.001< α (0,05) dengan Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Jantho Tahun 2019. Diharapkan kepada pemberi pelayanan kesehatan untuk diadakan pelaksanaan kelas ibu hamil dengan melibatkan pendamping/suami yang merupakan pengambil keputusan dalam keluarga sehingga dapat memberikan dukungan yang positif terhadap ibu selama kehamilan dan persalinan.


Keywords


Fasilitas, Peran Petugas, Pengetahuan, Pertolongan Persalinan.

References


Air., Rencana Pemilihan Penolong Dan Tempat Persalinan Ibu Hamil Setelah Diberikan Pendidikan Kesehatan Tentang Persiapan Persalinan Aman; (2017)

Asyifa. Hubungan Tempat Persalinan Dan Jenis Penolong Persalinan Dengan Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini Di Puskesmas Martapura; (2018)

Abd. Rahman. Ubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Pertolongan Persalinan Pada Tenaga Kesehatan Di Desa Lolu Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi; (2016)

Anisa., Pengalaman Pertama Ibu Melahirkan Secara Normal Didampingi Suami; (2018)

Ivong., Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Ibu Dalam Memilih Tempat Persalinan Di Bpm; (2017).

Intan., Faktor Pemilihan Persalinan Sectio Caesarea Tanpa Indikasi Medis Di RSU Bunda Thamrin Medan; (2018).

Kemenkes RI., Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017; (2018)

Novianti., Determinan Persalinan Sectio Caesarea Di Indonesia (Analisis Lanjut Data Riskesdas 2013); (2017)

Rika., Evaluasi Tehnik Relaksasi Yang Paling Efektif Dalam Penatalaksanaan Nyeri Persalinan Kala I Terhadap Keberhasilan Persalinan Normal; (2018)

Wike., Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Persalinan Lama; (2018)

Yona., 2018. Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Lama Persalinan Kala Ii Pada Ibu Bersalin Di Rsia Anugerah Medical Center Kota Metro; (2018)




DOI: https://doi.org/10.32672/makma.v3i1.2025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nadia Rizki Okdarisna

Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA)

INDEXING & ABSTRACTING